WHAT'S NEW?

Apa arti komunitas Buatmu ?


Arti penting sebuah komunitas
#sebuah_tulisan ..


makan SROTO usai pelatihan  Komunitas bagi saya adalah seperti rumah kedua. Di  sana, ada banyak teman yang lebih seperti saudara  padahal mereka tak punya ikatan darah dengan kita.  Ada banyak dukungan dan support yang meluncur dari  sana. Ada visi, misi yang sama yang saling  menguatkan satu sama lain. Ada semangat luar biasa  dahsyat untuk mengejar impian kita.
 Saat ini, saya pun tergabung dalam sebuah komunitas  para penulis. Komunitas luar biasa yang pernah saya   temui. Awal mengenal komunitas ini juga melalui pencarian panjang yang saya lakukan.
Suatu ketika, saya teringat pada mimpi saya untuk bisa menjadi seorang penulis. Mimpi menulis dan akhirnya buku yang di cover depannya ada nama saya pun terbit. Lalu banyak orang yang akan membaca tulisan saya tersebut. Ya, kurang lebih seperti itulah mimpinya. Lantas impian tersebut yang menuntut saya untuk terus mencari cara, bagaimana agar saya bisa menulis? Dulu saya kudet *kurang update*, dan juga tidak tahu tentang email maupun internet. Ya, saya belum familiar dengan semua itu. beruntunglah, saya menjalin komunikasi dengan beberapa teman dan sahabat yang jago dan melek teknologi. Akhirnya saya pun berkenalan dengan email, blog, facebook.
Ketika saya mencari apa yang saya harus lakukan agar impian saya bisa terwujud? Lantas mbah google memberi banyak saran dan masukan. Wow, saya merasa sangat canggih disajikan banyak jawaban yang beraneka warna. Hingga saya tertuju pada sebuah komunitas para penulis yang luar biasa.
Setelah sekian tahun bersama dengan komunitas tersebut, tentu banyak pelajaran hidup yang saya dapatkan dari mereka. karena ternyata sebuah komunitas bukan hanya sekedar dari ikatan anggota nya yang punya semangat untuk mewujudkan impian yang sama. Tapi, lebih dari itu, ada kekuatan dari sebuah komunitas. Tentu kita yang saat ini tergabung dalam satu komunitas dapat merasakan apa yang saya maksud. Contohnya, ketika saya bergabung dengan komunitas menulis. Saat saya merasa jenuh atau down, ada teman-teman yang dengan ikhlas mendengarkan keluhan dan memberi semangat pada saya agar kembali mengejar impian. Ya, kekuatan itu bisa datang dari support teman-teman kita yang ada dalam satu komunitas. Saya yang tadinya tidak semangat atau ada rasa ingin menyerah, tapi terbangun lagi karena dukungan mereka.
Apa yang saya lakukan bersama teman-teman dikomunitas ini? Kami sama-sama belajar tentang dunia literasi. Prakteknya, kami hanya tinggal menulis saja. Teori yang banyak kami terima tentu pelajaran mahal yang sangat berharga. Selain itu, kami banyak terlibat dalam ide-ide baru yang terwujud dalam kegiatan atau event untuk masyarakat umum. Kami belajar berorganisasi dalam kehidupan. Mulai dari memplaning, menjalankan, mengawasi jalannya kegiatan.
Komunitas menyuguhkan kebersamaan yang penuh arti. Pada setiap pertemuan, dimana saya dan teman-teman mengadakan pelatihan menulis, di sana tumbuh rasa saling terikat seperti saudara. Padahal kami tidak ada ikatan darah apapun. Kebersamaan tersebut muncul ketika kami tertawa bersama, merasakan serunya makan bersama, dan pusing bersama juga. Salah satu contoh kebersamaan kami yang luar biasa adalah, kami sama-sama menjadi fans dari sebuah makanan yang bernama: Sroto. Ya, hampir setiap anggota baru yang bergabung dengan komunitas kami akan berkenalan juga dengan makanan yang bernama sroto. Hal ini karena kebetulan warung sroto berada di seberang jelan tempat kami biasa mengadakan pelatihan. Tentu berbeda rasanya makan sroto sendiri dengan makan sroto bersama teman-teman penulis, apalagi kalau ada yang mentraktir, wah ini lebih seru lagiJ. Dari makanan ini, kami sering merasa rindu. Kalau ada yang jauh dari kami, makan kerinduan itu pun memuncak. Makan sroto memang biasa saja, tapi makan bersama teman-teman satu komunitas ini yang membuatnya terasa sangat istimewa.
Ada banyak hal yang saya dapat ketika bergabung pada komunitas ini. aura positip dan semangat yang tiada henti terus saja mengalir. Bahkan bukan tentang semangat menulis, tapi juga merasuk ke dalam hal-hal yang berkaitan dengan hidup. kami saling bertukar informasi, saling memberi usul dan saran. Ah, hal yang tentu tidak kita dapatkan ketika kita tidak punya komunitas.
writer's travelling
 Begitu juga dengan komunitas para blogger. Tentu komunitas ini punya satu visi misi bukan? Saya yakin, banyak hal yang bisa dilakukan dan dipetik dari komunitas blogger ini. Jika hal-hal yang terlahir dari komunitas ini adalah baik dan bermanfaat, so lanjuutkanlah. Tapi jika komunitas tidak melahirkan manfaat dan hanya sia-sia, lupakan aja deh. Cari yang lain. :D
Itulah gambaran saya tentang arti penting sebuah komunitas. Mungkin bahasanya agak ngejelimet. Tapi semoga dimengeri dan dipahami . Intinya, yuk, temukan mimpimu, cari komunitas yang tepat dan rasakan apa yang terjadi.

Sumber : http://rachmawatiyusuf.blogdetik.com/2013/09/09/arti-penting-sebuah-komunitas/

0 komentar:

Posting Komentar